PANDUAN LENGKAP Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog (Awal Sampai Akhir)

Assalamu 'alaikum warahmatullah.. selamat malam sahabat Programmer SEO, dimalam hari yang cerah ini dan berbintang ini saya baru saja mendapatkan sebuah chat dari sebuah grup whatApps tentang bagaimana cara mendapatkan penghasil lewat blog. Sehingga terdorong ambisi saya untuk menuliskan sebuah artikel ini.


cara mendapatkan uang dari menulis di blog

Bagi sebagaian dari kita yang hobi menulis, mungkin blog adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan. Kenapa bisa begitu ? Karena hanya lewat blog kita tidak perlu direpotkan dengan istilah EYD, unsur politik, agama, dan lain sebagaimana. Menjadi seorang blogger adalah tentang bagaimana cara kita menyampaikan pendapat lewat tulisan, yaa sebuah pendapat pribadi, dengan gaya bahasa sendiri, tanpa harus ditekan dengan aturan ini dan itu.


Berbeda dengan platfrom lain yang menuntut kita mengikuti aturan main mereka. Di blog, kita tidak harus seperti itu. Apa yang kita pikir, apa yang kita ingat, dan apa yang terbesit dalam hati, semuanya bisa dicurahkan lewat blog, tanpa adanya penundaan dan peninjauan artikel terlebih dulu. Menit ini kita menerbitkan artikel, menit itu juga artikel kita langsung dapat terbit. Itulah keunggulan blog daripada platform lain.


Tapi sepertinya menulis dan menerbitkan saja tidak cukup bukan ? Tentu kita menginginkan sesuatu yang lebih. Yaitu bagaimana agar setiap tulisan-tulisan kita menghasilan pundi-pundi rupiah yang dapat membuat kita lebih semangat lagi dalam menulis.


Nah, beruntung jika kamu menemukan artikel ini. Karena pada pembahasan kali ini saya akan membagikan tutorial cara mendapatkan penghasilan dari blog dengan mudah dan cepat, di mulai dari langkah pertama sampai akhirnya mendapatkan penghasilan. Baik, kita langsung cek saja apa langkah-langkahnya.


1. Harus Mempunyai Email

yaa, ini syarat pertama bagi yang ingin mendapatkan penghasilan dari blogspot. Karena Blogspot menganjurkan kita untuk memiliki email terlebih dulu. Dan disarankan bagi kita yang ingin membuat blog, email terbaik adalah Gmail.com. Karena blogspot merupakan anak perusahaan dari Google.

Bagi kamu yang belum mempunyai email Google (Gmail) Silahkan klik DISINI! untuk tutorial membuatnya.


2. Harus Mempunyai Blog

Yaa, tentu ini harus kita miliki. Karena bagaimana kita bisa ngeblog jika kita tidak memiliki blog. Karena blog bagaikan sebuah wadah tempat kita menyimpan berbagai sesuatu yang kita inginkan dan sukai. Dan adapun untuk membuat blog. Silahkan klik DISINI!

3. Menentukan Niche Blog

Apa itu niche blog ? Niche blog adalah judul blog dan URL blog yang akan kita buat. Bagi kamu yang menggunakan blog sebagai modal untuk mendapatkan penghasilan. Tentukanlah niche blog yang sesuai dengan artikel yang akan kamu buat. Misalnya, jika hobi kamu senang menulis tentang artikel kesehatan. maka pilihkan niche blog yang berkaitan dengan kesehatan. Contohnya kesehatanku.blogspot.com, infosehat.blogspot.com, atau indonesiasehat.blogspot.com. Karena penentuan niche blog yang sesuai ini dapat meningkatkan ranking blog kita dimata Google.

Sebagai contohnya adalah blog ini. Saya membuat blog yang dikhususkan pada teknik blogging, seo, dan programmer. Maka saya menggunakan url blog dengan belajarseokompleks.blogspot.com dan judul blog Programmer SEO


3. Menggunakan Template atau Tema Premium

syarat ketiga yang harus kamu lakukan ialah, memastikan blog kamu menggunakan template premium. Kenapa begitu ? Karena dengan template premium akan membuat artikel-artikel cepat terindeks di mesin pencari Google, selain itu pula dapat lebih meningkatkan pengunjung blog kita. Jika pengunjung blog kita banyak, otomatis semakin banyak pula rupiah yang kita peroleh.

Bagaimana cara mendonwload template premium ? Hal itu sangat mudah. Kamu bisa cari di google dengan judul download template premium gratis maka akan ada banyak web-web raksasa yang menyediakan jasa template premium yang bisa kamu download.


Saya sarankan untuk menggunakan template premium dari mas sugeng atau arlina design, Karena menurut saya hanya kedua designer itu yang mempunyai kualitas template fast loading, responsive SEO, dan mudah cara mengeditnya.


Insyaa Allah pada artikel lain, saya akan membuat cara memasang template premium dan cara mengeditnya, Untuk sekarang kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.


4. Membuat Artikel

Syarat keempat adalah membuat artikel. Yaa, karena artikel merupakan jantung sebuah blog. Blog disediakan memang dikhususkan bagi mereka untuk menerbitkan berbagai jenis artikel yang mereka sukai. lalu seperti apa artikel yang baik, yang dapat mendapatkan penghasilan ?

Ciri-Ciri Artikel yang baik yang dapat menarik klik dari pengunjung adalah :

1.) Artikel yang berkualitas.
Artikel yang berkualitas yaitu, artikel yang tidak terdeteksi oleh bot google sebagai artikel plagiat. Untuk Mengecek plagiat atau tidaknya artikel kita. Setelah kita membuat artikel, pastekan dulu artikel kita di CEK Plagarism. Lihat, berapa persen dari artikel kita yang mengandung plagiat. info lengkapnya, silahkan baca artikel ini => Cara Meningkatkan Pengunjung Organik Yang Baik dan Aman

2.) Judul Yang Menarik atau Pemilihan Judul Yang Tepat

Pastikan kita Memilih judul yang menarik pengunjung dan membuat penasaran mereka. Seperti apa judul yang menarik itu ? Contohnya seperti dua contoh judul di bawah ini :


Contoh Judul Pertama
 .      1. Cara Membuat Blog
       2. Cara Mudah Membuat Blog

Contoh Judul Kedua
      1. Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
     2.10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Dari kedua contoh judul tersebut, makakah yang menurut kamu akan mendapatkan klik lebih banyak ? Pasti no. 2 kan ? Yaa, begitulah sistem pembuatan judul yang baik dan dapat menarik banyak pengunjung.


Untuk lebih spesifiknya, kamu bisa baca artikel penargetan kata kunci yang ada pada no. 6 di artikel cara meningkatkan pengunjung organik.


5. Navigasi Situs Yang Jelas

Yaa memang tidak salah lagi, navigasi diperlukan agar kita tidak tersesat. Begitu juga dalam sebuah blog. Navigasi situs ini berguna untuk memudahkan pengunjung dalam mencari artikel yang mereka inginkan. Selain itu, dengan adanya navigasi situs, akan lebih memudahkan kita mendaftarkan diri ke Google Adsense yang merupakan penyedia jasa iklan pada blog kita, sehingga blog kita mendapatkan penghasilan. 

Lalu, apa sajakah navigasi situs yang harus ada pada sebuah blog ?

1.) Daftar Isi. Untuk Langkah pembuatannya, silahkan klik Cara Mudah Membuat Daftar Isi pada Blog
2.) Membuat Contact Us. Contact Us ini berguna agar pengunjung bisa menghubungi kita. KLIK DISINI Untuk tahu cara membuat contact Us
3.) Membuat Privacy Policy (Kebijakan Privacy) KLIK DISINI untuk tahu cara membuatnya.
4.) Membuat Disclaimer
5.) Membuat Terms of Service
6. Membuat About Us/Me

Keenam navigasi itu harus ada dalam blog kita, meskipun tidak begitu penting, Akan tetapi keberadaan dapat membuat kita di akui oleh pihak Google dan pengiklan.


6. Submit Ke Google Web Master

 Apa itu google web master ? Secara garis besar, google web master merupakan sebuah booster untuk membuat blog atau artikel kita lebih cepat terindex di mesin pencari. Detik ini kita update, detik itu pula artikel kita akan muncul.

Adapun dalam mensubmit, ada dua macam yang harus kita perhatikan, yaitu mensubmit Sitemap blog dan mensubmit artikel. Mensubmit sitemap blog cukup sekali seumur hidup, dan adapun untuk mensubmit artikel, harus setelah kita menerbitkan artikel. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik button dibawah ini:




 7. Daftar Google Adsense
Nah, ini dia yang kita tunggu-tunggu. Yaitu mendaftar blog kita ke google Adsense. Apa itu Google Adsense (GA). GA merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh pihak google bagi pemilik blog untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang mereka kelola. Ada dua buah penghasilan yang diberikan oleh GA kepada pemilik blog. Yang pertama dari jumlah pengunjung, kedua dari iklan. Iklan yang terpampang di dalam blog, kemudian di klik oleh pengunjung, itulah yang akan menjadi rupiah untuk kita.

Adapun cara daftar ke GA ini gampang-gampang susah. Tapi selama 6 syarat di atas terpenuhi semuanya, insyaa Allah akan di gampangkan. Kurang dari seminggu, blog kita akan langsung diterima menjadi publisher Adsense. Contohnya blog ini, hanya 3 hari daftar ke google Adsense, langsung keterima, dengan catatan, ke 6 syarat diatas harus terpenuhi.

Nah, itulah Panduan lengkap cara mendapatkan penghasilan pada blog dari awal sampai akhir. Terima kasih, semoga bermanfaat, dan semoga sukses selalu ^_^

Silahkan submit email kamu untuk mendapatkan artikel terbaru lainnya ^_^


EmoticonEmoticon