6 Cara Jitu Meningkatkan Trafik Organik Yang Aman

Tags

6 Cara Jitu Meningkatkan Trafik Organik Yang Aman, - Siapa sih yang tak ingin memiliki trafik yang banyak, setiap blogger pasti mengharapkannya. Entah itu yang baru terjun ke dunia blogger atau pun yang lama, Karena dari pengunjung itulah sumber penghasilan mereka. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pula kemungkinan untuk mengklik iklan, dan semakin besar pula pundi-pundi yang bisa diraup.

Trafik search engine

Nah, kita harus tahu, ada banyak keuntungan ketika blog banyak memiliki trafik/pengunjung, apalagi trafik organik yang bersumber dari mesin pencari (google, bing, yahoo dsb). Tapi sayangnya meningkatkan trafik yang langsung tinggi tidak semudah membalikan telapak tangan, karena diperlukan usaha, kerja keras, juga analisis yang kuat untuk mewujudkan semua itu.

Seberapa penting sih, trafik itu ?
Tentunya itu sangat penting, layaknya nyawa dalam struktur tubuh, yang merupakan inti kehidupan. karena dengan trafik tinggi, membuat para blogger semangat dalam dunia bloggingnya. Contoh kecilnya bahwa dunia blogger ibarat sebuah pasar, dan pemilik blog adalah seorang pedagangnya. Kita pasti akan merasa kesal dan hampir putus asa jika dagangan kita sepi pembeli. Begitu juga dengan website/blog yang kita kelola.


Nah, lalu bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog ? 
Nah, sebelumnya kita harus tahu dulu bahwa saat ini ada banyak cara untuk mendatangkan trafik ke halaman blog, ada yang berbayar ada pula yang secara mandiri. bagi seseorang yang memiliki banyak uang mungkin hal ini tidak sulit, karena cukup dengan membayar jasa trafik, maka secara otomatis pengunjung blog akan naik secara drastis. Akan tetapi bagi kita yang memiliki kekurangan dana, tentunya cara mandiri adalah jalan satu-satunya.

Untuk kita yang kebetulan masih bingung cara meningkatkan trafik blog kita, terutama trafik oranik yang bersumber dari mesin pencari google, maka setidaknya  kita harus mengetahui hal-hal yang bisa meningkatkan trafik blog kita, dengan mengetahuinya maka kita bisa mengupayakan agar trafik blog kita naik.

5 Hal yang bisa meningkatkan trafik organik blog kita.
Berikut akan saya uraikan beberapa hal yang bisa meningkatkan trafik blog kita yang bisa kita upayakan.

1. Kualitas artikel
Kualitas artikel tentunya menjadi penopang utama dalam meningkatkan visitor organik. Kenapa Demikian ? Karena semakin berkualitas artikel kita, tidak ada 1% pun yang plagiat, maka secara otomatis artikel/blog kita akan lebih di prioritaskan oleh google sehingga akan memungkinkan berada di page one, jika sudah berada di page one, maka bukan tidak mungkin akan menarik banyak pengunjung. Lihat gambar di bawah ini :


Pada gambar di atas menunjukan bahwa artikel yang saya buat ini, 100% bukan hasil plagiat. Jika kita ingin mengetahui apakah artikel yang kita buat itu mengandung plagiat atau tidak, bisa KLIK DISINI! lalu pastekan seluruh isi tulisan kita => Scroll ke bawah => Klik CHECK PLAGIARISM. Jika masih ada plagiat, agar langsung memperbaikinya sampai sukses 100%.


Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyajikan artikel yang berkualitas. Seperti apa artikel berkualitas dimata search engine google ? Dimata search engine, artikel berkualitas yaitu suatu artikel yang mampu membuat pengunjung blog kita senang membacanya, sehingga membuat mereka betah berlama-lama nongkrong di blog kita. Selain itu pula, mereka mendapatkan apa yang mereka cari dari setiap artikel yang kita terbitkan.

Pada Agustus 2018 lalu, Google telah memberitahukan kepada seluruh pengguna website raksasa, bahwa mereka telah merubah algoritmanya, yakni lebih kepada UX (User Experience), yang di mana algoritma ini lebih menitikberatkan pada  factor pengalaman pengguna (pengunjung). Dengan kata lain, ketika perilaku pengguna terhadap blog kita dinilai baik dimata search engine google, maka secara otomatis blog kita akan mendapatkan reputasi yang baik dimata mesin pencari.

Nah, adapun upaya untuk meningkat UX Factor ini caranya yaitu, seperti biasa, kembali lagi ke kualitas artikel. Kita harus memperhatikan kualitas dan jumlah kata pada artikel kita. Hal lainnya yaitu kita harus memperhatikan tampilan blog kita, seperti kecepatan blog, navigasi situs yang jelas, internal link dari satu artikel ke artikel lain, penempatan keyword yang baik, dan interaksi antara pemilik blog dan pengunjung. Ketika ada pengunjung blog yang memberi komentar, maka kita pun harus tanggap memberi komentar kepada mereka. Dan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar, juga sopan.

2. Templete Yang SEO Frindly
Template seo friendly yaitu tampilan template blog yang di dalamnya sudah dilibatkan unsur-unsur seo. Hal ini bermanfaat untuk robot google dalam mencrawl setiap element pada blog dan artikel kita. Semakin responsive tampilan blog kita, maka akan semakin memudahkan kerja bot google dalam merayapi seluruh isi blog kita. Dan dengan demikian, blog kita pun akan lebih di prioritaskan.

Dan jika kita ingin melihat seberapa SEO kah templete kita, maka saya sarankan untuk mengeceknya di CHKME. Karena situs tersebut paling banyak digunakan oleh master templete dalam membuat templete yang seo frindly. Jika skor seo kita 80% ke atas, maka itu sangat baik untuk kemajuan blog kita. Kalau kurang, maka bisa memperbaiki, atau mencari templete lain yang lebih SEO.

Dan kita juga harus memastikan pada struktur template kita, apakah sudah baik atau belum. Ukuran template atau tema yang sudah baik yaitu di tandai dengan 3 hal utama, Mobile frindly, desktop frindly, dan kecepatan situs yang baik. Ketiga kriteria tersebut saat ini sangat disukai oleh mesin pencari, sehingga akan mempengaruhi artikel blog kita menjadi lebih mudah ditemukan di hasil pencarian.

Jika kita ingin melihat seberapa baik template blog kita, saya sarankan untuk melihatnya di Cekseo.com

3. Backlink
Memang tidak bisa dipungkiri kehadiran si backlink ini. Karena sampai detik artikel ini di tulis, peranan backlink sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan trafik blog kita. Jika nama domain blog kita memiliki banyak backlink, maka secara otomatis blog kita pun akan lebih berpontensi ditemukan pada search engine.

Bagi kita yang ingin meningkatkan pengunjung blog secara signifikan, tentunya kita harus mengupayakan sekuat tenaga dalam membangun backlink ini. Tentunya dengan cara yang baik. Seperti apakah membangun backlink yang baik ? Jika kita ingin membangun backlink yang baik dan berkualitas, kita harus melihat terlebih dulu blog yang akan kita masuki backlink. 

Kita harus tahu terlebih dahulu, apakah blog orang lain itu sesuai dengan niche blog kita, ataupun artikel yang dimiliki orang lain itu relevan dengan artikel kita. Jika iya, maka, tanamkan backlink kita disana. Kita jangan asal menanamkan backlink, karena jika salah tanam, bisa fatal akibatnya. Blog kita akan terlempar jauh ke belakang. Karena selain memperhatikan UX Factor, algoritma google juga  sangat memperhatikan kualitas backlink, 

Untuk mendapatkan backlink jenis ini tentu saja tidak mudah, salah satu caranya kita harus menyajikan konten yang berkualitas sehingga orang lain rela memberikan backlink ke dalam artikel kita, karena memang artikel yang telah kita buat memang pantas menjadi sumber referensi.

Atau kita pun juga bisa mengupayakan dengan membangun backlink sendiri secara manual. Yaitu dengan bekerjasama dengan pemilik blog lain, akan tetapi kita harus memperhatikan kenormalannya, jangan sampai terlalu banyak tukar backlink, karena hal tersebut sangat rentan mendapat teguran dari google. Kenapa demikian ? Karena bertukar link secara terus menerus dapat dianggap optimasi SEO blackhat oleh Google.

4. Perhatikan Jumlah Kata Pada Tiap Artikel
Kita memang sudah tidak menyangkalnya lagi, bahwa jumlah kata dalam sebuah artikel menentukan keberhasilan kita dalam menarik pengunjung. Semakin banyak kata yang kita gunakan, akan semakin bagus di mata google. Hal ini disebabkan, algoritma google mendeteksi bahwa semakin banyak kata pada sebuah artikel, menunjukan artikel tersebut lebih komprehensif dibandingkan dengan artikel yang lain. 

SerpIQ pernah menganalisa bahwa jumlah artikel bahwa sebuah artikel yang banyak nongkrong di page-page one adalah mereka yang memiliki artikel dengan jumlah kata di atas 2000 kata atau lebih.

Oleh karena itu, jika kita menginginkan trafik blog kita naik secara signifikan, upayakanlah untuk menulis artikel minimal 2000 kata, dan tentunya kita harus tetap memperhatikan qualitas artikel kita agar informasinya mudah dicerna oleh pembaca dan bukan hasil plagiat. Karena semakin panjang dan berkualitas maka akan semakin baik di mata pengunjung dan mesin pencari.

5. Penargetan Kata Kunci
Nah, ini adalah bagian kedua terakhir, yaitu cara optimasi kata kunci atau keyword. Kata kunci ini jangan sampai terlewatkan oleh kita. Karena peletakan kata kunci akan memberi pengaruh terhadap jumlah trafik. Lalu, bagaimana cara meriset kata kunci yang baik ? Pada bagian ini saya akan memberikan beberapa poin penting tentang riset keyword:

#1. Untuk dapat meriset kata kunci yang baik dan relevan, sebelum memberi judul artikel, kita harus menggunakan Google Auto Suggest di mesin pencarian agar kita mendapatkan kata kunci yang relevan terhadap artikel yang akan kita garap. 

#2. Jika kita sudah menemukan kata kunci yang relevan, langkah selanjutnya yaitu, coba masukan 5-10 kata kunci pada satu buah artikel kita. Karena jika nanti pengunjung mengetik kata kunci yang tidak sesuai dengan judul artikel kita, masa ada lagi kata kunci lain yang ada di dalam artikel kita. Sehingga dapat mengarahkan untuk mengklik artikel kita. 

#3. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu, cobalah memberi simbol bold, italic, atau underline pada kata kunci yang telah kita masukan ke dalam artikel kita. Hal ini berguna untuk memerintahkan google bot memberi penekanan terhadap kata atau kalimat yang kita kasih simbol tersebut.

4. Dan hal lain yang harus kita perhatikan ialah membuat judul yang persaingannya sedikit. Untuk mengetahui berapa banyak hasil pencarian, kita bisa mengetik judul artikel pada mesin pencari. Dan dibawahnya akan ada deretan angka. Perhatikan gambar di bawah ini :



Nah jumlah angka yang saya beri kotak merah merupakan hasil pencarian pengguna dalam satu bulan. Oleh karena itu, jika kita menginginkan trafik kita naik, buatlah judul dengan hasil pencarian kurang dari 500 ribu. Karena jika lebih, malah akan membuat blog kita tersingkirkan oleh website-website raksasa. 

6. Rutin Update Artikel
Bagi blog pemula, kita jangan pernah bosan-bosan untuk terus update.. update... dan update artikel. Karena semakin banyak kita mengupdate artikel, maka pihak google akan lebih memprioritaskan blog kita. Contohnya blog saya yang satu ini, pada masa pembuatan saya update sekitar 2-3 artikel, sehingga seminggu kemudian mendapatkan trafik yang lumayan banyak, yakni lebih dari 2000 pengunjung.
Baca Juga:


EmoticonEmoticon