11 TEKNIK SEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG

Tags

11 TEKNIK SEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG

Pernahkah Anda menulis sepotong konten bentuk panjang atau e-book dengan 4.000 kata atau lebih ? Jika Anda belum pernah, Anda mungkin tidak tahu manfaatnya dan merasa bahwa itu hanyalah pekerjaan sia-sia. 


Tetapi jika Anda pernah membuatnya, beruntunglah karena semakin panjang kata pada artikel yang kita buat, semakin bagus pula posisi kita di mesin pencari Google, dan tentunya akan membuat ranking SEO kita meningkat.


Sebelumnya saya menulis tentang cara meningkatkan pengunjung ranking seo blog, website, atau wordpress kita. Pertama-tama, saya akan membuat sebuah perumpaan dulu. Katakanlah  saat ini Anda ingin mendirikan bisnis Anda sendiri. Anda terbangun setiap malam karena ketakutan bahwa bisnis Anda mungkin berakhir dengan kegagalan.


Kemudian, suatu hari, Anda melihat panduan A-Z untuk memulai bisnis yang sesuai dengan kriteria Anda. Dan untungnya, panduan itu menghapus semua keraguan Anda dan membantu Anda untuk memulai kembali. Panduan itu dimuat dengan semua informasi yang Anda butuhkan, dan setelah melahapnya, Anda mulai memercayai orang-orang yang membuat panduan itu.


Bisnis dari A-Z itu memuat tentang cara melesatkan omset, cara menjual, sikap seorang pembeli, interaksi antara penjual dan pembeli, dan teknik-teknik lainnya. Begitu pun dengan kita membuat artikel. Saat kita membuat artikel, di usahakan kita membuatnya dengan penuh informatif, mendalam, dan tentunya sangat panjang dan kompleks.


Kenapa harus panjang dan kompleks ?

Singkatnya, konten dengan kata yang panjang akan memberi Anda lebih banyak dari apa yang Anda inginkan dari blog Anda. Di antara manfaat membuat artikel panjang yaitu : 
- Lebih banyak visibilitas
- Peningkatan keterlibatan dan pembagian sosial
- Lebih banyak backlink (yang berarti peringkat lebih tinggi dalam SERP)
- Dan yang paling penting;  akan membuat audiens (pengunjung) Anda mulai melihat Anda sebagai otoritas tertinggi bagi mereka.

Namun, artikel itu bukan tentang pentingnya konten dengan jumlah kata yang banyak saja. Akan tetapi juga harus memberikan informasi yang sangat berguna bagi pengunjung. Karena akan terasa percuma, jika kita membuat artikel dengan kata yang panjang, namun tidak berkualitas.


Lalu, bagaimanakah membuat artikel yang panjang dan berkualitas itu ? Berikut ini, akan saya jabarkan pada 11 poin penting tentang membuat artikel:


1. Mulai Dengan Riset Kata Kunci



Cara reset kata kunci yang benar untuk blog

Sebelum menulis posting panjang Anda, luangkan waktu Anda untuk terlebih dahulu mencari kata kunci. Fokus pada kata kunci terbaik pada topik yang sedang Anda buat, dan pertimbangkan untuk menargetkan kata kunci kompetisi yang lebih rendah. 


Adapun ketentuan kompetisi kata kunci adalah sebagai berikut :

Untuk blog berusia < 3 bulan, carilah kata kunci di bawah 300 ribu pencarian


  • Blog berusia 3-6 bulan, bidiklah kata kunci dengan pencarian 500rb - 700rb
  • Blog berusia 1 tahun, bidiklah kata kunci 1-2 juta pencarian
  • Blog berusia 2-3 tahun, bidiklah kata kunci dengan 3-4 juta pencarian
  • dan blog berusia 5 tahun ke atas, bidiklah kata kunci dengan jumlah pencarian 5 jutaan lebih.

Kenapa harus seperti itu ? Hal ini bertujuan agar artikel kita selalu berada di halaman pertama Google. Pastikan Anda melakukan langkah ini dengan benar karena pada akhirnya akan menentukan keberhasilan konten Anda di mesin pencari.

2. Targetkan Kata Kunci dengan Long Tail

Sekarang, Anda sudah tahu bahwa Anda harus memiliki kata kunci ketike menulis posting blog. Tetapi yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa mereka harus menargetkan kata kunci ekor panjang atau Long Tail.

Seperti apa kata kunci long tail itu ? 

Kata kunci long tail adalah sebuah judul artikel yang di buat dengan 3-8 kata. Jika blog kita masih berusia kurang dari 5 bulanan, maka penargetan kata kunci long tail adalah pilihan terbaik untuk membuat artikel kita muncul di halaman pertama. Lihat gambar di bawah ini


membuat kata kunci long tail yang benar

Gambar di atas adalah contoh jenis kata kunci long tail.  Dengan menggunakan kata kunci long tail, maka akan menjadikan artikel kita super spesifik pada topik yang sedang dihas. Kata kunci ekor panjang biasanya lebih mudah untuk menempati peringkat pertama dan akan membuatnya lebih tertarget, sehingga akan banyak mendatangkan klik.


Anda juga dapat menggunakan alat yang sama untuk mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci ekor panjang. Tetapi, jika Anda mengalami masalah dengan lebih banyak kata kunci seperti itu, tempat lain yang baik untuk dilihat adalah bagian "pencarian terkait" di Google:

3. Optimalkan dan Bersihkan URL Anda



cara mengoptimalkan URL postingan blog

Telah dikonfirmasi bahwa URL yang lebih bersih dan lebih pendek membantu mesin pencari lebih memahami apa yang dibicarakan oleh posting Anda, dan mereka juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Perhatikan gambar di atas, pada gambar tersebut terlihat bahwa seluruh judul artikel termuat seluruhnya.


Fungsi dari mengoptimalkan url adalah agar lebih memudahkan pengunjung untuk memahami judul artikel kita. Karena jika artikel kita terlalu panjang, biasanya akan terpotong oleh sistem Google, yang membuat pungunjung kurang begitu memahami judul artikel kita. Perhatikan gambar di bawah ini :



cara membuat URL blog yang benar

Artikel nomor 1 merupakan jenis artikel yang kurang begitu dipahami maksudnya. Sedangkan artikel nomor 2 merupakan jenis artikel yang sudah menggunakan optimasi url, sehingga maksudnya dapat di pahami pengunjung. 


Jika kita ingin mengoptimasikan judul url artikel kita, langkahnya (Lihat gambar ke 4) :

- Klik tautan permanen
- Klik tautan permanen Khusus
- Masukan judul (contoh 11-cara-meningkatkan-ranking-seo)

4. Gunakan Tag H1 yang Tepat



cara memasang tag h1 yang benar

Tag H1 Anda akan selalu menjadi hal pertama yang dilihat orang ketika mereka tiba di posting blog Anda. Biasanya, tag H1 Anda adalah judul posting blog Anda. Tag H1 yang baik dapat secara signifikan memengaruhi peringkat mesin pencari Anda.

Tag H1 yang dioptimalkan dengan baik akan memungkinkan mesin pencari mengindeks konten Anda dengan lebih baik.


  • Idealnya, tag H1 Anda harus:
  • Menjadi singkat dan to the point.
  • Berikan ide yang jelas tentang apa posting blog itu.
  • Memiliki kata kunci ekor panjang (kata kunci target Anda).

5. Tambahkan Subjudul
Dalam sebuah artikel yang diposting LinkedIn Pulse oleh Keren Lerner menyatakan bahwa “Berita utama Anda mungkin menarik. Tulisan Anda mungkin luar biasa. Anda mungkin memiliki kata-kata yang ditulis dengan baik, kalimat yang hebat, dan wawasan yang luar biasa ke dalam pikiran pembaca Anda. Tetapi jika [posting] blog Anda lebih dari 150 kata, Anda perlu menambahkan sub-judul pada postingan Anda "

Jika Anda tidak tahu, subjudul adalah tag h2, h3, dan h4 yang biasanya terkandung dalam posting blog. Perhatikan gambar di bawah ini !


cara membuat subheading

Untuk sub judul ini, gunakan subheading. Hal ini ber membuat konten Anda menjadi potongan yang mudah dibaca. Hal Ini akan membantu pembaca Anda menavigasi dan membaca artikel Anda dengan lebih baik.

6. Tambahkan Tautan Masuk (Backlink)

Tautan internal merujuk ke tautan apa pun dari satu halaman di situs web yang menuju ke artikel lain pada web Anda. Ini adalah salah satu metode yang digunakan blogger pintar dan pemasar konten untuk memberi tahu Google dan pengunjung situs web bahwa halaman konten tersebut relevan. Lihat gambar di bawah ini !


Cara membuat backlink berkualitas

Artikel baca juga yang telah saya kasih kotak warna merupakan link internal yang berada pada sebuah artikel tentang BELAJAR DARI KERANG MUTIARA.

 Ada banyak manfaat yang terkait dengan tautan internal, beberapa di antaranya termasuk:

1). Membantu meningkatkan peringkat artikel Anda dalam reset kata kunci
2). Membantu mesin pencari merayapi situs Anda dengan mudah.
3). Membuat tampilan iklan akan menjadi lebih relevan
4). Akan membuat pengunjung Anda lebih lama di situs Anda

7. Tambahkan Tautan Keluar

Sama seperti tautan masuk, menautkan link pada situs lain akan memberi tahu Google bahwa halaman atau blog Anda berkualitas lebih tinggi; itu juga membantu mesin pencari mencari tahu topik yang tepat Anda.

 Menurut Brian dari Backlinko, “Tidak menautkan mungkin merupakan kesalahan SEO #1 pada halaman yang saya lihat orang lakukan. Saya mencoba menggunakan tautan keluar 2-4x per 1000 kata. Itu aturan praktis yang baik untuk sebagian besar situs. "


 8. Optimalkan Tag Judul Anda

Tag judul sangat penting; tag judul yang dioptimalkan dengan benar akan secara drastis meningkatkan visibilitas halaman Anda di SERP. Itu biasanya hal pertama yang dilihat orang ketika konten Anda muncul di hasil pencarian. Perhatikan gambar di bawah ini !


cara membuat meta deskription

Saat menulis tag judul halaman Anda, pastikan itu berisi kata kunci fokus Anda dan juga menjelaskan manfaat yang ditawarkan pada artikel Anda.

9. Optimalkan Meta Deskripsi Anda

Deskripsi meta adalah potongan 160 karakter yang merangkum konten halaman. Sama seperti tag judul, deskripsi meta halaman Anda akan memungkinkan posting Anda menonjol di halaman hasil mesin pencari. 

Uraian meta yang dioptimalkan dengan benar harus:

1). Sertakan kata kunci fokus.
2). Singkat (sekitar 160 karakter).
3.) Jelas dan deskriptif.
4). Berisi ajakan bertindak (CTA).
5). Jadilah mempesona dan membujuk pengunjung untuk membaca seluruh halaman.

Perhatikan gambar di bawah ini :


cara membuat meta description yang baik

Kalimat itu yang nantinya akan muncul di mesin pencari, oleh karena itu optimalkan pada deskripsi penelusuran itu agar membuat pengunjung lebih tertarik.

10. Sertakan Multimedia (Gambar atau Video)
Anda sudah tahu bahwa pemasaran konten bukan hanya tentang teks. Teks saja hanya akan membuat pengunjung Anda jenuh. Cobalah untuk menyertakan gambar atau video pada postingan Anda.

Hal tersebut akan memberi manfaat :
1). Meningkatkan waktu kunjungan disitus Anda.
2). Mengurangi bounce rate.
3). Mendapatkan nilai baik dari Google

Anda pasti memperhatikan bahwa saya sering menggunakan banyak gambar, bagan, dan tangkapan layar pada posting blog saya; ini hanya karena saya tahu manfaat yang mereka rasakan.


Selain meningkatkan waktu di situs dan mengurangi rasio pentalan (bounce rate), mereka juga akan meningkatkan nilai halaman yang dirasakan, yang juga akan meningkatkan kemungkinan orang-orang yang terhubung ke situs tersebut.

Karena itu, saat menulis artikel, cobalah dan tambahkan sebanyak mungkin multimedia yang relevan.


11. Tambahkan Kata Kunci Terkait di Dalam Artikel
Penting untuk memasukkan kata kunci di dalam posting blog Anda. Namun, Anda tidak boleh berlebihan. Hal ini akan membuat Google memahami bahwa kata kunci yang Anda terapkan penting saat merayapi konten Anda. Dan juga akan membuat pengunjung membaca artikel lain yang ada di blog Anda. Perhatikan gambar di bawah ini !


menambahkan kata kunci terkait di dalam postingan


Selain itu, taburkan beberapa kata kunci kompetisi rendah terkait di seluruh artikel untuk memungkinkan Anda memberi peringkat untuk jenis kata kunci long tail yang lebih tertarget. 
Terakhir, disarankan untuk menyebutkan kata kunci Anda pada paragraf terakhir artikel Anda. Seperti gambar di bawah ini 





Konten yang panjang benar-benar efektif dalam memposisikan Anda sebagai otoritas pada topik Anda, dan juga efektif untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Namun, ini hanya dapat dicapai dengan praktik SEO yang solid - seperti 11 poin di atas.

Ingat bahwa 11 poin tersebut bukan daftar lengkap semua yang diperlukan untuk memiliki SEO yang bagus. Ini hanyalah poin-poin pentingnya yang akan membantu Anda membuat artikel terbaik pada topik apa pun, dan akan menguatkan peringkat blog anda di SERP Google.


Seperti yang sudah Anda ketahui, optimisasi mesin pencari adalah strategi jangka panjang dan bukan sesuatu yang harus Anda harapkan dengan segera. 
Agar benar-benar memiliki efek terbaik, Anda perlu kesabaran.


Terapkanlah  teknik-teknik di atas, dan kemudian saksikan dengan kesabaran, dan lambat laun peringkat Anda akan meroket.


Nah, itulah 11 TEKNIK SEO UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG BLOG dan juga untuk membuat artikel kita semakin berkualitas. Terima kasih, semoga bermanfaat !


EmoticonEmoticon