BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?


BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?

Menulis artikel selalu menarik dan membutuhkan keterampilan khusus. Dengan munculnya internet dan mesin pencari, Anda juga perlu mempertimbangkan SEO saat menulis untuk blog. Menulis artikel ramah SEO yang bagus juga bisa membuat artikel Anda cepat diindeks.

Mengekspresikan pikiran secara lisan itu mudah tetapi menulis dengan cara, yang mudah dipahami cukup sulit. Menulis di situs web atau blog membutuhkan lebih banyak keterampilan daripada menulis di atas kertas. Anda harus mempertimbangkan dua aspek ketika Anda menulis posting blog: Pembaca (manusia) dan Mesin Pencari (bot).

Aspek Manusia dari Konten

  • Kualitas konten: Sama seperti produk dan layanan, kualitas dalam posting blog juga sangat penting. Kualitas akan membawa pembaca Anda kembali.
  • Konten yang Relevan: Relevansi penting karena hanya pembaca yang relevan yang akan membaca artikel Anda.
  • Konten Organik: Konten asli meningkatkan jumlah pembaca. Pembaca menyukai informasi baru dengan gaya baru.

Untuk bot Internet, baca artikel lengkapnya karena artikel ini secara khusus berfokus pada kiat menulis posting yang dapat dilihat oleh bot Internet.

Karakteristik Pos / artikel Blog yang SEO Friendly

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?

Dua cara tersedia di internet untuk menjangkau pembaca Anda: pertama kirim mereka tautan langsung ke artikel atau pos yang dioptimalkan untuk menempatkannya di sepuluh hasil pencarian teratas, yang disebut Search Engine Optimization.

Kami membahas di sini cara menulis Posting Blog yang Ramah SEO atau dengan kata-kata yang mudah, posting ramah mesin pencari. Semakin banyak pembaca membaca posting Anda, semakin banyak mesin pencari akan mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.


7 aturan yang harus Anda ikuti untuk menulis posting blog yang ramah SEO, antara lain:

1. Research Keyword/Penelitian Kata Kunci

Aturan penulisan pertama adalah penelitian. Anda telah memutuskan topiknya. Sekarang, selidiki topik Anda sebanyak mungkin. Penelitian ini akan memberi Anda pandangan yang lebih luas tentang topik tersebut.

Anda akan dapat menghasilkan konten berkualitas. Setelah Anda memiliki konten berkualitas, pembaca akan cenderung membaca lebih banyak dan akhirnya mesin pencari akan memberi peringkat tinggi pada artikel Anda dalam hasil pencarian.

  • Kata kunci penelitian, yang akan Anda gunakan dalam sebuah artikel.
  • Teliti informasi penting terkait topik tersebut.
  • Teliti fakta dan angka yang terkait dengan topik Anda.
  • Teliti dan sertakan gambar yang sesuai dan dioptimalkan

Kata kunci adalah aspek paling signifikan dari penulisan posting blog. Setelah menentukan topik posting blog, hal berikutnya yang menjadi fokus adalah pemilihan kata kunci. Gunakan alat penelitian kata kunci untuk menganalisis kata kunci mana yang paling dicari dan relevan dengan topik.


Google Keyword Planner adalah alat gratis terbaik untuk tujuan ini, yang memungkinkan penulis untuk mengetahui bahwa kata kunci mana yang memiliki tingkat pencarian terbanyak serta persaingan.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?
.

Selain memakai tool Google Planner, Anda juga bisa mendapatkan saran dengan mengetik di Google Search. Tulis setengah kalimat dan biarkan Google menyarankan Anda kata kunci yang berbeda.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?

2. Judul Posting Blog

Mesin pencari selalu menampilkan judul tulisan dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan ialah :

  1. Tulis judul yang menarik perhatian untuk posting blog Anda.
  2. Judul harus spesifik untuk permintaan pencarian.
  3. Jika permintaan pencarian adalah tentang proses mengunggah video YouTube, maka judul posting Anda yang paling tepat adalah tentang cara mengunggah video YouTube, BUKAN apa itu Video YouTube?
  4. Judul dimulai dengan kata ganti tanya seperti Bagaimana, Apa, Siapa, dan Mengapa. Contohnya seperti judul artikel ini : "Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO Friendly ?"
  5. Judul harus mengandung kata kunci yang dipilih untuk topik. Misalnya, topik Anda tentang menghasilkan uang secara online. Kata kunci yang biasa Anda gunakan adalah "Cara Menghasilan Uang Secara Online" atau "Cara Mendapatkan Uang Secara Online" atau "Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Secara Online ?". Itu terserah Anda.
  6. Panjang judul harus dalam 55-65 huruf atau maksimal 5-7 kata. Karena judul yang terlalu panjang akan membuat judul terpotong di mesin pencari. Seperti gambar di bawah ini : 

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?


Jika pembaca tidak melihat judul lengkap, bagaimana dia bisa tahu bahwa judul ini mengandung informasi yang dia cari ? Oleh karena itu, buatlah judul yang baik dan benar.

3. pengantar (Introduction)

Tidakkah Anda ingin setiap orang mengklik salah satu artikel Anda membacanya dari awal hingga akhir, tidak dapat mengalihkan pandangan dari layar ? Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus menulis pengantar karya untuk posting blog Anda. Pendahuluan adalah bagian yang sangat penting dari setiap karya tulis.

Pengantar memiliki satu tujuan tunggal: untuk membujuk pembaca agar membaca seluruh artikel. Jika Anda gagal dalam hal ini, pembaca Anda tidak akan membaca artikel anda sampai tuntas.

Ada beberapa cara untuk menulis baris pengantar:
1. Ajukan Pertanyaan: Ini adalah cara mudah untuk menarik perhatian pembaca. Biarkan mereka membaca seluruh posting untuk menemukan jawaban atas pertanyaan itu.
2. Tell a Story: Cerita menciptakan minat pembaca. Temukan cerita yang berhubungan dengan topik.
3. Kutipan: Pembaca suka kutipan inspirasional. Gunakan kutipan inspirasional untuk memulai posting blog.
4. Fakta dan Angka: Bagikan pos fakta dan angka terkait.
5. Pentingnya Artikel: Jelaskan pentingnya artikel. Semua orang menginginkan informasi baru. 

4. Kesimpulan

Tulis kata-kata terakhir pada akhir paragraf artikel Anda. Contohnya seperti "Terima kasih telah membaca artikel ini, silahkan isi kolom komentar untuk mengajukan pertanyaan ataupun kritik dan sarannya." 
Karena blog Post yang ramah SEO membutuhkan keterlibatan pembaca. Keterlibatan pembaca mengekspresikan ketika pembaca mengomentari kiriman, berdebat dengan penulis atau memberikan jawabannya.

5. Gunakan Tag Heading (H1, H2, H3, H4)

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?

Menggunakan tag heading adalah ide yang bagus untuk melibatkan pembaca untuk membaca artikel secara lengkap. Oleh karena itu, agar pembaca tidak pusing membaca artikel kita, Cobalah untuk memecah artikel menjadi beberapa paragraf berbeda. Setiap paragraf harus memiliki tema independen. Maka dengan begitu artikel kita akan enak di lihat dan pembaca jadi lebih nyaman.

Untuk membuat posting blog ramah SEO, gunakan H1, H2, H3, dan sebagainya. Agar perayap mesin pencari menangkap kata-kata melalui pos. H1, H2, H3 ... H6 memiliki fungsi masing-masing.

Judul posting secara otomatis dipilih sebagai judul H1. Sub judul dipertimbangkan sebagai H2 atau subheading, dan h3 menggunakan minor heading. Semakin banyak subjudul dalam posting blog, semakin banyak peluang muncul di crawler mesin pencari. Gunakan kata kunci yang dipilih di subpos.

6. Panjang Artikel

Panjang posting blog adalah topik yang menarik untuk dibahas. Setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang hal itu. Biarkan saya memberi tahu Anda sesuatu. Jangan memperpanjang posting blog tanpa alasan dan jangan menulis posting pendek yang mengabaikan informasi yang relevan. Tulis sesuai permintaan topik Anda. Artikel harus mengandung setidaknya 300 kata.

Para ahli SEO mengatakan bahwa posting yang panjangnya di atas 2.000 kata memiliki jumlah pembaca yang baik karena, selain dapat memberi manfaat kepada pembaca, hal itu juga akan baik bagi kualitas website kita (menurunkan bounce rate). Seperti gambar di bawah ini !

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG SEO FRIENDLY ?

Gambar di atas menunjukan bahwa semakin banyak yang terdapat pada artikel kita, akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi artikel kita. Karena mereka memerlukan informasi yang sangat kompleks, dari pada sekedar informasi yang asal buat.

  • Pembaca rata-rata membaca artikel 3-4 menit. (Untuk tujuan ini, buat panjang posting Anda sekitar 1000 hingga 1500 kata)
  • Tingkat bouncing menjadi tinggi ketika pembaca beralih terlalu cepat. (Untuk tujuan ini, buat panjang posting Anda sekitar 2000 hingga 2500 kata)

Ya, cukup sulit untuk mengelola kedua aspek sekaligus, itulah cara saya menyarankan agar menulis posting blog secara alami.

Jangan memperpanjang tanpa alasan dan jangan mengabaikan informasi penting hanya untuk membuat posting Anda singkat.

7. Proofreading (Pengkoreksian)

Setiap tulisan perlu proofreading. Proofreading sangat penting untuk setiap posting blog. Saya yakin sekali, Anda tidak ingin kehilangan pembaca Anda. Ketika pembaca membuka tautan untuk membaca sesuatu, pada dasarnya dia membaca pikiran penulis.

Jika dia menemukan beberapa fakta, fakta tata bahasa, ejaan, atau navigasi situs yang menyesatkan, dia menganggap penulis tidak dewasa. Dia pasti tidak akan kembali lagi. Oleh karena itu Proofreading atau pemeriksaan ulang artikel sangat diperlukan untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.

Berikut tips sederhana untuk mengoreksi:

  1. Koreksi tulisan dengan pikiran yang segar. Mungkin Anda mendapat sesuatu yang baru.
  2. Mengoreksi struktur kalimat, pengaturan paragraf, kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  3. Gunakan layanan profesional proofreading atau biarkan teman Anda mengoreksi tulisan Anda. Setiap orang memiliki pemikiran dan gaya yang berbeda.
  4. Izinkan pembaca untuk menunjukkan kesalahan. Upaya kecil ini akan mempertahankan situs dan kualitas artikel Anda.
  5. Menulis artikel bersifat teknis karena Anda juga harus mempertimbangkan mesin pencari.
  6. Penelitian kata kunci yang tepat, penempatan kata kunci, judul dan judul suara teknis, pengantar dan badan yang menarik, dan proofreading sangat penting untuk setiap posting blog.

Nah, itulah 7 Cara Membuat artikel yang SEO Friendly. Terima kasih, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, berikan kritik dan sarannya pada kolom komentar di bawah. 


EmoticonEmoticon